Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Perangkat Edukasi Guru
Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Di setiap administrasi yang dibukukan oleh guru wali kelas atau guru matpel menjadikan suatu administrasi yang akan jadi dokumentasi di masa yang akan datang. Pentingnya proses pembuatan administrasi seperti RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 2 bagi guru tentu saja bagian dari proses pembelajaran yang akan terus di lakukan.
Maka dari sinilah kami sebagai admin akan bagikan kembali perangkat pembelajaran yang merupakan pembaharuan di tahun 2019 akhir yaitu RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2. Dari file yang kami bagikan ini semoga saja bagi guru yang belum memiliki RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat mendownloadnya di sini dan di jadikan sebagai referensi kedepannya.
adapun dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 ini kami sengaja dibuatkan kedalam postingan agar memberikan manfaat untuk semua guru terutama bagi guru sekolah dasar yang mengajar di kelas 2. Adapun untuk pembaharuan dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat rekan guru melihat dibawah ini yang kami uraikan secara singkat.
Contoh RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2
Maka dari sinilah kami sebagai admin akan bagikan kembali perangkat pembelajaran yang merupakan pembaharuan di tahun 2019 akhir yaitu RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2. Dari file yang kami bagikan ini semoga saja bagi guru yang belum memiliki RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat mendownloadnya di sini dan di jadikan sebagai referensi kedepannya.
adapun dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 ini kami sengaja dibuatkan kedalam postingan agar memberikan manfaat untuk semua guru terutama bagi guru sekolah dasar yang mengajar di kelas 2. Adapun untuk pembaharuan dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat rekan guru melihat dibawah ini yang kami uraikan secara singkat.
Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 -  Perangkat Edukasi Guru
Contoh RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
 
 
                            
 
 
 
 
 
(RPP)
Sekolah                        :  ..............................
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  5                        :  Pengalamanku
Subtema 1                    :  Pengalamanku
di Rumah
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa
Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6
x 35 menit (6 JP)
A.  KOMPETENSI
INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya. 
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga. 
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks
  tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
  masyarakat Indonesia. | 
          3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan
  huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki
  dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin. | 
| 
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata
  “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.. | 
            4.6.1 Membaca indah puisi anak
  tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak
  pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara
  mandiri dan tanggung jawab | 
Matematika
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat,
  dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. | 
         3.6.1.Membandingkan
  dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
  dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
  dan jujur | 
| 
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan
  waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. | 
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang
  (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan
  kehidupan sehari-hari. | 
SBdP
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak. | 
          3.2.1Melakukan  Karya 
  imajinatif dua dan tiga dimensi 
  Dan Gerak keseharian dan alam dalam 
  tari | 
| 
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak. | 
4.2.1    Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan,
  dan kekuatan  dalam rangka pengembangan
  kebugaran jasmani dengan semangat | 
C.  TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.    Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan,
siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan  budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun
dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2.    Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat
mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam
kemajemukan dengan benar.
3.    Dengan 
mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk
mengukur panjang dengan tepat.
4.    Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa
dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur
dengan tepat.
5.    Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan
tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan
panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7.   
Dengan
mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana
untuk
D.  MATERI
PEMBELAJARAN
1. teks tentang budaya minta maaf sebagai cermin
hidup rukun 
2. peta pikiran, mengenai satuan baku untuk
mengukur panjang
3. teks, 
tentang  pola irama
E.  METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.  
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
            2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
            3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.         
  Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
  kehadiran siswa. 
2.         
  Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. 
3.         
  Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali
  setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan
  tentang sikap syukur. 
4.         
  Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan
  penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 
5.         
  Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. 
6.         
  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan
  aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 
7.         
  Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin
  yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.  
8.         
  Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan
  kegiatan literasi yang telah dilakukan. 
9.         
  Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan
  suasana kembali. | 
15 menit | 
| 
Kegiatan inti | 
 Ayo Mengamati 
• Siswa diarahkan untuk
  mendengarkan teks percakapan antara Beni dan 
Ibunya (mengamati). 
• Siswa mendengarkan dengan penuh
  konsentrasi (mengamati). 
Ayo Mengamati 
• Siswa diarahkan oleh guru
  mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana,
  bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (menanya). 
• Siswa lain diminta menjawab
  pertanyaan yang diajukan (menanya). 
Ayo Menulis 
• Siswa bertanya jawab tentang isi
  teks percakapan (menanya). 
• Siswa menyebutkan beberapa isi
  teks percakapan yang diketahuinya 
(mengomunikasikan). 
• Siswa diarahkan untuk menjawab
  pertanyaan (menalar). 
• Siswa menjawab pertanyaan
  berdasarkan teks percakapan yang 
didengarnya (menalar). 
Ayo Berlatih 
• Siswa mengamati gambar “Beni
  meminta maaf kepada ibunya” 
(mengamati). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  gambar (menanya). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  sikap santun (menanya). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  cara meminta maaf (menanya). 
• Siswa berlatih tentang cara
  meminta maaf (mencoba). 
• Siswa bersama pasangannya
  berlatih meminta maaf secara bergantian (mencoba). 
• Siswa berlatih di depan kelas
  yang diamati oleh siswa lain (mencoba). 
Ayo Mengamati 
• Siswa mengamati gambar jam
  dinding (mengamati). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  gambar jam dinding (menanya). 
• Siswa diarahkan untuk mengukur
  benda (menanya). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang benda (menanya). 
• Siswa menyebutkan berbagai jenis
  alat ukur panjang 
(mengomunikasikan). 
• Siswa menyebutkan penggaris
  sebagai alat ukur panjang dan juga yang dapat digunakan dalam kehidupan
  sehari-hari (mengomunikasikan). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  benda yang pernah diukur menggunakan penggaris (menanya). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  satuan yang terdapat pada penggaris 
(menanya). 
• Siswa menyebutkan sentimeter
  (cm) sebagai satuan pada penggaris 
(mengomunikasikan). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  cara menggunakan penggaris (menanya). 
• Siswa mencoba mengukur benda
  (mencoba). 
Ayo Mencoba 
• Siswa sudah mengetahui cara
  mengukur benda menggunakan penggaris (menalar). 
• Siswa mengerjakan latihan untuk
  mengukur benda yang ada di sekitar (menalar). 
• Siswa mengukur minimal lima
  benda (mencoba). 
• Siswa menulis nama benda yang
  diukurnya di dalam kolom yang 
disediakan (mencoba). 
• Siswa menulis panjang benda yang
  diukurnya dengan satuan cm 
(mencoba). 
Ayo Berlatih 
• Siswa mengamati gambar berbagai
  jenis benda (mengamati). 
• Siswa menentukan benda yang
  dapat diukur dengan penggaris 
(mencoba). 
• Siswa memberikan tanda centang (√) untuk
  benda yang dapat diukur 
dengan penggaris (mencoba). 
Ayo Bernyanyi 
• Siswa membaca teks lagu
  “Pelangi-Pelangi” (mengamati). 
• Siswa menyanyikan lagu
  “Pelangi-Pelangi” (mencoba). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  tekanan nada (menanya). 
• Siswa bertanya jawab tentang
  notasi angka (menanya). 
• Siswa mendengarkan penjelasan
  yang disampaikan guru tentang notasi angka (mengamati). 
Ayo Berdiskusi 
• Siswa berdiskusi menentukan
  tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana (mengomunikasikan). 
• Siswa berdiskusi menentukan
  panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana (mengomunikasikan). 
• Siswa yang kesulitan mendapatkan
  bimbingan guru (mengomunikasikan). 
• Siswa menyampaikan hasil diskusi
  di depan kelas (mengomunikasikan). 
• Siswa memahami cara menentukan
  tekanan nada kuat dan nada lemah (menalar). 
• Siswa memahami cara menentukan
  panjang dan pendek bunyi nada 
(menalar). 
• Siswa menggarisbawahi teks lagu
  yang termasuk bunyi panjang dengan warna merah (menalar). 
•
  Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi pendek dengan warna biru
  (menalar). | 
180 menit | 
| 
Penutup | 
1.         
  Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang
  telah berlangsung: 
●    
  Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? 
●    
  Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? 
2.         
  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
  ini. 
3.        
  Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran
  pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai
  perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. 
4.        
  Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. 
5.        
  Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas. 
6.        
  Kelas
  ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. | 
15 menit | 
H.  PENILAIAN
1.   
Teknik Penilaian
a.   
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.  
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.   
Penilaian Keterampilan: Unjuk 
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata
“maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan
| 
No. | 
Kriteria | 
Baik Sekali(4) | 
Baik(3) | 
Cukup (2) | 
Perlu Bimbingan (1) | 
| 
1 | 
Penggunaan kata 
dalam santun 
berbahasa. | 
Mampu 
menggunakan 
bahasa verbal 
dan bahasa tubuh 
yang sangat 
santun. | 
Mampu 
menggunakan 
bahasa verbal 
yang sangat 
santun dan 
bahasa tubuh 
yang cukup 
santun atau 
sebaliknya. | 
Mampu 
menggunakan 
bahasa verbal 
dan bahasa 
tubuh yang cukup 
santun. | 
Belum mampu 
menggunakan 
bahasa verbal 
dan bahasa 
tubuh yang 
santun. | 
| 
2 | 
Penggunaan lafal, 
intonasi, dan 
ekspresi. | 
Mampu 
mempraktikkan 
dalam 
menggunakan 
lafal, intonasi, dan 
ekspresi dengan 
tepat. | 
Mampu 
sebagian besar 
mempraktikkan 
dalam 
menggunakan 
lafal, intonasi, 
dan ekspresi 
dengan tepat. | 
Mampu 
sebagian kecil 
mempraktikkan 
menggunakan 
lafal, intonasi, dan 
ekspresi dengan 
tepat. | 
Belum mampu 
mempraktikkan 
dalam 
menggunakan 
lafal, intonasi, 
dan ekspresi 
dengan tepat. | 
b. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang
benda yang diukur.
| 
No. | 
Kriteria | 
Baik Sekali(4) | 
Baik(3) | 
Cukup (2) | 
Perlu Bimbingan (1) | 
| 
1 | 
Memilih alat 
ukur yang sesuai 
dengan benda. | 
Mampu memilih 
semua alat ukur 
yang sesuai 
dengan benda. | 
Mampu memilih 
sebagian besar 
alat ukur yang 
sesuai dengan 
benda. | 
Mampu memilih 
sebagian kecil alat 
ukur yang sesuai 
dengan benda. | 
Belum mampu 
memilih semua 
alat ukur yang 
sesuai dengan 
benda. | 
| 
2 | 
Mengukur 
panjang benda. | 
Mampu mengukur 
panjang benda 
yang sesuai 
dengan ukuran 
yang sebenarnya. | 
Mampu 
mengukur 
sebagian besar 
benda yang 
sesuai dengan 
ukuran yang 
sebenarnya. | 
Mampu mengukur 
sebagian kecil 
benda yang sesuai 
dengan ukuran 
yang sebenarnya. | 
Belum mampu 
Belum mampu 
mengukur 
panjang benda. | 
c. Memainkan pola irama sederhana
untuk mengiringi lagu berbirama dua.
| 
No. | 
Kriteria | 
Baik Sekali(4) | 
Baik(3) | 
Cukup (2) | 
Perlu Bimbingan (1) | 
| 
1 | 
Penguasaan Lagu. | 
Hafal seluruh syair 
lagu dan irama 
dengan tepat. | 
Hafal sebagian 
besar syair 
lagu dan irama 
kurang tepat 
dan sebaliknya. | 
Hafal sebagian 
kecil syair lagu. | 
Belum mampu 
menghafal syair 
lagu. | 
| 
2 | 
Kepercayaan Diri. | 
Tidak terlihat 
ragu-ragu. | 
Terlihat raguragu. | 
Memerlukan 
bantuan guru. | 
Belum 
menunjukkan 
kepercayaan diri. | 
| 
3 | 
Pola irama sesuai 
dengan lagu yang 
diiringi. | 
Semua pola 
irama sesuai 
dengan lagu yang 
mengiringi. | 
Sebagian besar 
pola irama 
sesuai dengan 
lagu yang 
mengiringi. | 
Sebagian kecil 
pola irama sesuai 
dengan lagu yang 
mengiringi. | 
Belum mampu 
memainkan 
pola irama yang 
sesuai dengan 
lagu yang 
mengiringi. | 
| 
Mengetahui 
Kepala
  Sekolah 
............................................ 
   NIP...................................... | 
NIP...................................... 
Guru
  Kelas  2  
............................................ 
 NIP...................................... | 
Untuk lebih jelasnya dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat memiliki dengan mengunduh di link tautan yang sudah kami sediakan dibawah ini. 
RPP Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tematik
Download Juga :
RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 
Itulah yang dapat kami bagikan semoga dengan adanya RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat membantu bapak ibu membuat proses administrasi pembelajaran. Terimakasih
Itulah yang dapat kami bagikan semoga dengan adanya RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat membantu bapak ibu membuat proses administrasi pembelajaran. Terimakasih
 

0 Response to "Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Perangkat Edukasi Guru"