Baca Juga:

Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Perangkat Edukasi Guru

Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Di setiap administrasi yang dibukukan oleh guru wali kelas atau guru matpel menjadikan suatu administrasi yang akan jadi dokumentasi di masa yang akan datang. Pentingnya proses pembuatan administrasi seperti RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 2 bagi guru tentu saja bagian dari proses pembelajaran yang akan terus di lakukan.

Maka dari sinilah kami sebagai admin akan bagikan kembali perangkat pembelajaran yang merupakan pembaharuan di tahun 2019 akhir yaitu RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2. Dari file yang kami bagikan ini semoga saja bagi guru yang belum memiliki RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat mendownloadnya di sini dan di jadikan sebagai referensi kedepannya.

adapun dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 ini kami sengaja dibuatkan kedalam postingan agar memberikan manfaat untuk semua guru terutama bagi guru sekolah dasar yang mengajar di kelas 2. Adapun untuk pembaharuan dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat rekan guru melihat dibawah ini yang kami uraikan secara singkat.

Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 -  Perangkat Edukasi Guru
Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 -  Perangkat Edukasi Guru

Contoh RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  ..............................
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  5                        :  Pengalamanku
Subtema 1                    :  Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
          3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
            4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
         3.6.1.Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
          3.2.1Melakukan  Karya  imajinatif dua dan tiga dimensi  Dan Gerak keseharian dan alam dalam  tari
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
4.2.1    Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan  budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2.    Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3.    Dengan  mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.    Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5.    Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7.    Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk
D.  MATERI PEMBELAJARAN
1. teks tentang budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun
2. peta pikiran, mengenai satuan baku untuk mengukur panjang
3. teks,  tentang  pola irama

E.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
            2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
            3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
 Ayo Mengamati
• Siswa diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara Beni dan
Ibunya (mengamati).
• Siswa mendengarkan dengan penuh konsentrasi (mengamati).
Ayo Mengamati
• Siswa diarahkan oleh guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
• Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan (menanya).
Ayo Menulis
• Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan (menanya).
• Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuinya
(mengomunikasikan).
• Siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan (menalar).
• Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang
didengarnya (menalar).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”
(mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang sikap santun (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang cara meminta maaf (menanya).
• Siswa berlatih tentang cara meminta maaf (mencoba).
• Siswa bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian (mencoba).
• Siswa berlatih di depan kelas yang diamati oleh siswa lain (mencoba).
Ayo Mengamati
• Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding (menanya).
• Siswa diarahkan untuk mengukur benda (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang benda (menanya).
• Siswa menyebutkan berbagai jenis alat ukur panjang
(mengomunikasikan).
• Siswa menyebutkan penggaris sebagai alat ukur panjang dan juga yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari (mengomunikasikan).
• Siswa bertanya jawab tentang benda yang pernah diukur menggunakan penggaris (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang satuan yang terdapat pada penggaris
(menanya).
• Siswa menyebutkan sentimeter (cm) sebagai satuan pada penggaris
(mengomunikasikan).
• Siswa bertanya jawab tentang cara menggunakan penggaris (menanya).
• Siswa mencoba mengukur benda (mencoba).
Ayo Mencoba
• Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris (menalar).
• Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar (menalar).
• Siswa mengukur minimal lima benda (mencoba).
• Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang
disediakan (mencoba).
• Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm
(mencoba).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati).
• Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris
(mencoba).
• Siswa memberikan tanda centang (√) untuk benda yang dapat diukur
dengan penggaris (mencoba).
Ayo Bernyanyi
• Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi” (mengamati).
• Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi” (mencoba).
• Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang notasi angka (menanya).
• Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru tentang notasi angka (mengamati).
Ayo Berdiskusi
• Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
• Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
• Siswa yang kesulitan mendapatkan bimbingan guru (mengomunikasikan).
• Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (mengomunikasikan).
• Siswa memahami cara menentukan tekanan nada kuat dan nada lemah (menalar).
• Siswa memahami cara menentukan panjang dan pendek bunyi nada
(menalar).
• Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi panjang dengan warna merah (menalar).
• Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi pendek dengan warna biru (menalar).
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
     Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
     Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit


H.  PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.   Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk

3. Keterampilan
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan

No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan kata
dalam santun
berbahasa.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
2
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.

b. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur.

No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Memilih alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
Mampu memilih
semua alat ukur
yang sesuai
dengan benda.
Mampu memilih
sebagian besar
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
Mampu memilih
sebagian kecil alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
Belum mampu
memilih semua
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
2
Mengukur
panjang benda.
Mampu mengukur
panjang benda
yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
Mampu
mengukur
sebagian besar
benda yang
sesuai dengan
ukuran yang
sebenarnya.
Mampu mengukur
sebagian kecil
benda yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
Belum mampu
Belum mampu
mengukur
panjang benda.

c. Memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penguasaan Lagu.
Hafal seluruh syair
lagu dan irama
dengan tepat.
Hafal sebagian
besar syair
lagu dan irama
kurang tepat
dan sebaliknya.
Hafal sebagian
kecil syair lagu.
Belum mampu
menghafal syair
lagu.
2
Kepercayaan Diri.
Tidak terlihat
ragu-ragu.
Terlihat raguragu.
Memerlukan
bantuan guru.
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri.
3
Pola irama sesuai
dengan lagu yang
diiringi.
Semua pola
irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
Sebagian besar
pola irama
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
Sebagian kecil
pola irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
Belum mampu
memainkan
pola irama yang
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.

Mengetahui
Kepala Sekolah





............................................
   NIP......................................

NIP......................................
Guru Kelas  2





............................................
 NIP......................................


Untuk lebih jelasnya dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat memiliki dengan mengunduh di link tautan yang sudah kami sediakan dibawah ini. 

RPP Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tematik

Download Juga :
RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013

Itulah yang dapat kami bagikan semoga dengan adanya RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat membantu bapak ibu membuat proses administrasi pembelajaran. Terimakasih

0 Response to "Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Perangkat Edukasi Guru"