Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Perangkat Edukasi Guru
Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Di setiap administrasi yang dibukukan oleh guru wali kelas atau guru matpel menjadikan suatu administrasi yang akan jadi dokumentasi di masa yang akan datang. Pentingnya proses pembuatan administrasi seperti RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 2 bagi guru tentu saja bagian dari proses pembelajaran yang akan terus di lakukan.
Maka dari sinilah kami sebagai admin akan bagikan kembali perangkat pembelajaran yang merupakan pembaharuan di tahun 2019 akhir yaitu RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2. Dari file yang kami bagikan ini semoga saja bagi guru yang belum memiliki RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat mendownloadnya di sini dan di jadikan sebagai referensi kedepannya.
adapun dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 ini kami sengaja dibuatkan kedalam postingan agar memberikan manfaat untuk semua guru terutama bagi guru sekolah dasar yang mengajar di kelas 2. Adapun untuk pembaharuan dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat rekan guru melihat dibawah ini yang kami uraikan secara singkat.
Contoh RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2
Maka dari sinilah kami sebagai admin akan bagikan kembali perangkat pembelajaran yang merupakan pembaharuan di tahun 2019 akhir yaitu RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2. Dari file yang kami bagikan ini semoga saja bagi guru yang belum memiliki RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat mendownloadnya di sini dan di jadikan sebagai referensi kedepannya.
adapun dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 ini kami sengaja dibuatkan kedalam postingan agar memberikan manfaat untuk semua guru terutama bagi guru sekolah dasar yang mengajar di kelas 2. Adapun untuk pembaharuan dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat rekan guru melihat dibawah ini yang kami uraikan secara singkat.
Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Perangkat Edukasi Guru
Contoh RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ..............................
Kelas /Semester : 2 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 1 : Pengalamanku
di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa
Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks
tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat Indonesia.
|
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan
huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki
dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.
|
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata
“maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
|
4.6.1 Membaca indah puisi anak
tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak
pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara
mandiri dan tanggung jawab
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat,
dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan
waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang
(termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
3.2.1Melakukan Karya
imajinatif dua dan tiga dimensi
Dan Gerak keseharian dan alam dalam
tari
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
4.2.1 Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan,
dan kekuatan dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani dengan semangat
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan,
siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun
dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat
mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam
kemajemukan dengan benar.
3. Dengan
mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk
mengukur panjang dengan tepat.
4. Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa
dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur
dengan tepat.
5. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan
tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan
panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7.
Dengan
mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana
untuk
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. teks tentang budaya minta maaf sebagai cermin
hidup rukun
2. peta pikiran, mengenai satuan baku untuk
mengukur panjang
3. teks,
tentang pola irama
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali
setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan
tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan
kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan
suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Ayo Mengamati
• Siswa diarahkan untuk
mendengarkan teks percakapan antara Beni dan
Ibunya (mengamati).
• Siswa mendengarkan dengan penuh
konsentrasi (mengamati).
Ayo Mengamati
• Siswa diarahkan oleh guru
mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana,
bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
• Siswa lain diminta menjawab
pertanyaan yang diajukan (menanya).
Ayo Menulis
• Siswa bertanya jawab tentang isi
teks percakapan (menanya).
• Siswa menyebutkan beberapa isi
teks percakapan yang diketahuinya
(mengomunikasikan).
• Siswa diarahkan untuk menjawab
pertanyaan (menalar).
• Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan teks percakapan yang
didengarnya (menalar).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati gambar “Beni
meminta maaf kepada ibunya”
(mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang
gambar (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang
sikap santun (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang
cara meminta maaf (menanya).
• Siswa berlatih tentang cara
meminta maaf (mencoba).
• Siswa bersama pasangannya
berlatih meminta maaf secara bergantian (mencoba).
• Siswa berlatih di depan kelas
yang diamati oleh siswa lain (mencoba).
Ayo Mengamati
• Siswa mengamati gambar jam
dinding (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang
gambar jam dinding (menanya).
• Siswa diarahkan untuk mengukur
benda (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang
alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang benda (menanya).
• Siswa menyebutkan berbagai jenis
alat ukur panjang
(mengomunikasikan).
• Siswa menyebutkan penggaris
sebagai alat ukur panjang dan juga yang dapat digunakan dalam kehidupan
sehari-hari (mengomunikasikan).
• Siswa bertanya jawab tentang
benda yang pernah diukur menggunakan penggaris (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang
satuan yang terdapat pada penggaris
(menanya).
• Siswa menyebutkan sentimeter
(cm) sebagai satuan pada penggaris
(mengomunikasikan).
• Siswa bertanya jawab tentang
cara menggunakan penggaris (menanya).
• Siswa mencoba mengukur benda
(mencoba).
Ayo Mencoba
• Siswa sudah mengetahui cara
mengukur benda menggunakan penggaris (menalar).
• Siswa mengerjakan latihan untuk
mengukur benda yang ada di sekitar (menalar).
• Siswa mengukur minimal lima
benda (mencoba).
• Siswa menulis nama benda yang
diukurnya di dalam kolom yang
disediakan (mencoba).
• Siswa menulis panjang benda yang
diukurnya dengan satuan cm
(mencoba).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati gambar berbagai
jenis benda (mengamati).
• Siswa menentukan benda yang
dapat diukur dengan penggaris
(mencoba).
• Siswa memberikan tanda centang (√) untuk
benda yang dapat diukur
dengan penggaris (mencoba).
Ayo Bernyanyi
• Siswa membaca teks lagu
“Pelangi-Pelangi” (mengamati).
• Siswa menyanyikan lagu
“Pelangi-Pelangi” (mencoba).
• Siswa bertanya jawab tentang
tekanan nada (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang
notasi angka (menanya).
• Siswa mendengarkan penjelasan
yang disampaikan guru tentang notasi angka (mengamati).
Ayo Berdiskusi
• Siswa berdiskusi menentukan
tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
• Siswa berdiskusi menentukan
panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
• Siswa yang kesulitan mendapatkan
bimbingan guru (mengomunikasikan).
• Siswa menyampaikan hasil diskusi
di depan kelas (mengomunikasikan).
• Siswa memahami cara menentukan
tekanan nada kuat dan nada lemah (menalar).
• Siswa memahami cara menentukan
panjang dan pendek bunyi nada
(menalar).
• Siswa menggarisbawahi teks lagu
yang termasuk bunyi panjang dengan warna merah (menalar).
•
Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi pendek dengan warna biru
(menalar).
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang
telah berlangsung:
●
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
●
Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
ini.
3.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran
pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai
perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata
“maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan kata
dalam santun
berbahasa.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
|
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
|
2
|
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
|
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
b. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang
benda yang diukur.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Memilih alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
semua alat ukur
yang sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
sebagian besar
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
Mampu memilih
sebagian kecil alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
|
Belum mampu
memilih semua
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
2
|
Mengukur
panjang benda.
|
Mampu mengukur
panjang benda
yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Mampu
mengukur
sebagian besar
benda yang
sesuai dengan
ukuran yang
sebenarnya.
|
Mampu mengukur
sebagian kecil
benda yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Belum mampu
Belum mampu
mengukur
panjang benda.
|
c. Memainkan pola irama sederhana
untuk mengiringi lagu berbirama dua.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penguasaan Lagu.
|
Hafal seluruh syair
lagu dan irama
dengan tepat.
|
Hafal sebagian
besar syair
lagu dan irama
kurang tepat
dan sebaliknya.
|
Hafal sebagian
kecil syair lagu.
|
Belum mampu
menghafal syair
lagu.
|
2
|
Kepercayaan Diri.
|
Tidak terlihat
ragu-ragu.
|
Terlihat raguragu.
|
Memerlukan
bantuan guru.
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri.
|
3
|
Pola irama sesuai
dengan lagu yang
diiringi.
|
Semua pola
irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian besar
pola irama
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian kecil
pola irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Belum mampu
memainkan
pola irama yang
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
............................................
NIP......................................
|
NIP......................................
Guru
Kelas 2
............................................
NIP......................................
|
Untuk lebih jelasnya dari RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat memiliki dengan mengunduh di link tautan yang sudah kami sediakan dibawah ini.
RPP Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tematik
Download Juga :
RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013
Itulah yang dapat kami bagikan semoga dengan adanya RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat membantu bapak ibu membuat proses administrasi pembelajaran. Terimakasih
Itulah yang dapat kami bagikan semoga dengan adanya RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 dapat membantu bapak ibu membuat proses administrasi pembelajaran. Terimakasih
0 Response to "Download RPP Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 2 - Perangkat Edukasi Guru"